Sunday, October 25, 2015

saatnya perikanan menjadi ekonomi utama indonesia

Dengan luas lautan yang begitu luas. Seharusnya lautan bisa menghidupi seluruh nelayan. Kondisi nya sekarang semua masih berorientasi pada sektor di darat. Belum dilirik kelautan dan perikanan karena pengusaha masih buta dan awam tentang peluang sektor perikanan ini.
Kalau perikanan dikelola dengan sebaik - sebaiknya bukan hal tidak mungkin indonesia sebagai produk perikanan terbesar di dunia. Masih kurang tenaga ahli dibidang perikanan juga masih menjadi kendala. Tenaga ahli ini berperan sebagai penyambung ke nelayan untuk menyampaikan tentang kebian pemerintahan. Dan sebagai penyambung lidah nelayan ke pemerintahan dengan permasalahan2 nya. Permasalahan nelayan harus mulai diuraikan dan harus mulai diselesaikan. Pemerataan teknologi dan akses pasar adalah kendala yang lainnnya. Masih banyak nya nelayan yang tradisional membuat nelayan kalah dengan kapal2 besar..
Mulai saat ini mindset bangsa kita harus berubah. Perikanan mulai saat ini harus menjadi garda terdepan dalam menompang ekonomi bangsa. Perikanan sebagai komoditas utama bangsa indonesia. Jadikan nelayan indonesia lebih pintar dan cerdas mengelola perikanan.

No comments:

Post a Comment