Thursday, December 10, 2015

Perbandingan kekuatan lampu led dan lampu nelayan, Untuk rancang bangun atractor pada bagan ikan

Berbagai jenis lampu digunakan pada perikanan bagan. menurut Anongponyoskun et al 9( 2011 ) penggunaan lampu merupakan teknik modern dan cukup effektif. Memannfaatkan tingkah laku ikan untuk menarik perhatikan ikan agar berkumpul disekitar alat tangkap. Tujuan kegiatan adalah membandingkan kekuatan cahaya rancangan Lampu LED A dan lampu nelayan serta mendapatkan gambaran ikan hasil tangkapan ikan pada penangkapan ikan dengan bagan.
Pengukuran kekuatan lampu di udara, diperoleh bahwa lampu LED A menghasilkan kekuatan cahaya ( LUX ) Lebih besar dibandingakn dengan lampu yang digunakan oleh nelayan bagan. Jarak cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED A lebih dari 17 meter, sedangkan lampu yang digunakan nelayan cuma menghasilkan jarak 7 meter. Lampu LED A menghasilkan konsentrasi cahaya vertikal yang lebih besar, sedangkan cahaya yang ke arah horizontal mendekati kekuatan lampu yang digunakan nelayan. Jangkauan cahaya pada kedalaman o hingga 3 meter pada kekuataan 400 hingga 500 lux.
Rancangan lampu LED A dapat dioperasikan untuk aktivitas operasi penangkapan ikan bagan di palabuhan ratu, Jawa barat. Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan, cahaya yang dipancarkan lED A mempunyai karakteristik pancaran yang sama secara horizontal dan terkonsentrasi cahaya vertikal lebih banyak dibandingkan lampu nelayan
( Abstrak, suparman sasmita dkk )

No comments:

Post a Comment